Asal diberi Kesempatan, Disabilitas Punya Kemampuan

Asal diberi Kesempatan, Disabilitas Punya Kemampuan

Surabaya, 12 Mei 2017. Seminar “ Hari Terhubung Inkulsi’ yang diadakan kerjasama LSM Saujana dan Kerjabilitas dan Kemnaker RI yang bertempat di Hotel Shangria Surabaya 11 Mei 2012. Bertemakan “ Harmonisasi Gagasan Muda Surabaya sebagai Model Pembangunan Kota Dunia Berwawasan Inklusi yang Berkelanjutan”, para pemerhati disablitas, para penyandang disabilitas dan stakeholder seperti pemerintah dan perusahaan hadir dalam acara tersebut. Ketua

Salah satunya hadir Abd. Syakur, ketua DMI (Difabel Motor Indonesia) Jawa Timur. Organisasi DMI ditujukan untuk memperjuangkan hak-hak disabilitas di jalan dalam berkendaraan terutama dampingan dari aspek penyediaan sarana motor dan Sim D bagi kaum difabel. DMI juga melakukan kegiatan pemberdayaan ekonomi keluarga difabel melalui kegiatan-kegiatan pelatihan yang bekerjasama dengan pihak pemerintah atau swasta diantaranya alumninya membuka bengkel, warkop, bumbu dapur crispi dan kue serta design grafis. Harapannya pemerintah selain membantu pelatihan juga pemasaran dan syukur kalau ada bantuan permodalannya.

Pengalaman Abd. Syakur dilapangan bahwa beberapa tantangan kaum difabel yang ingin masuk pasar kerja formal adalah usia dan pendidikan, hal ini dikarenakan anggota DMI dan paguyuban difabel lainnya telah banyak berumur di atas 40 tahun. Sedang kendala pembinaan difabel disektor informal kebanyakan keterbatasan pemasaran dan permodalan. Untuk itu, saranya kepada kaum disabilitas berpesan untuk “ berani berjuang dan jangan minder asal masyarakat memberi kesempatan yang sama kaum disabilitas punya kemampuan ”.

Harapan Abd. Syakur ke depan pemerintah terus memperhatikan para disablitas, mulai dari akses layanan public, pembinaan dan tentunya penegakan serta sanksi tegas terhadap pelaksanaan aturan UU No. 8 tahun 2006 dan Perda Jatim No. 3 tahun 2013 tentang disabilitas dan Perda No. 8 tahun 2016 tentang penyelenggaraan ketenagakerjaan. (bdr/05/2017)

👤 Oleh 🕔

Lokasi kantor Kami

Link Mitra Kerja

Statistik Pengunjung