Pemerintah Terus Dorong Terciptanya Wirausahawan Baru

Pemerintah Terus Dorong Terciptanya Wirausahawan Baru

Bandung – Keberadaan wirausahawan-wirausahawan baru sangat penting bagi Indonesia saat ini. Selain membantu pertumbuhan ekonomi nasional, keberadaan wirausahawan baru juga akan turut membuka lapangan kerja baru sebagai bagian dari perluasan kesempatan kerja. Pemerintah pun berkomitmen untuk terus mendorong tumbuh kembanganya wirausahawan baru Indonesia, khususnya masyarakat generasi muda.

“Jadi inisiatif ini sangat bagus dalam konteks perluasan kesempatan kerja,” kata Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) Abdul Wahab Bangkona dalam acara Launching Wirausaha East Indische Koffie dan Workshop Barista BBPK dan PKK Lembang, Bandung, pada hari Sabtu (1/10/2016). Turut hadir dalam acara launching ini Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker Heri Sudarmanto.

Sekjen Kemnaker mencontohkan dengan wirausaha dalam bidang produksi kopi. Produksi kopi melibatkan berbagai elemen masyarakat, mulai dari petani kopi, pengolah kopi, jasa packaging, jasa distribusi, hingga sektor penjualan kopi di pasar dan kafe.

“Sehingga nilai tambah secara financial itu bisa dinikmati oleh rakyat Indonesia,” lanjut Sekjen Abdul Wahab Bangkona.

Masing-masing sektor juga harus memperhatikan hal ihwal kompetensi dan produktivitasnya. Agar kualitas produksi kopi tersebut dapat terjaga.

“Sehingga ketika kita memegang kopi hingga tangan konsumen itu tidak ada perubahan (kualitas),” imbuhnya.

Di tengah perkembangan teknologi dan informasi, para wirausahawan juga harus mampu memanfaat keunggulan teknologi untuk mendukung produktivitas usahanya. Menurutnya, adopsi teknologi modern tidak akan mengurani penggunaan tenaga kerja manusia. Justru, usaha yang maju saat ini adalah usaha yang mampu memadukan keunggulan teknologi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompetitif dan inovatif.

“Sehingga bisa mempertemukan teknologi dan resource kita,” ujarnya.

Ia pun mengimbau kepada para wirausahawan, khususnya mereka yang baru merintis, tentang pentingnya jaringan pasar. Jaringan pasar sangat penting untuk memperluas dan mempertahankan tumbuh kembang usahanya. Oleh karenanya, para wirausahawan harus bisa membangun akses pasar dalam berbagai bentuk kerja sama, kemitraan, maupun hubungan yang saling menguntungkan lainnya.

“Jadi sustainability dari wirausaha ini adalah bagaimana membangun jaringan pasar yang luas,” imbaunya.

👤 Oleh 🕔

Lokasi kantor Kami

Link Mitra Kerja

Statistik Pengunjung