SiModis Layanan Baru Disnakertrans Jatim untuk Pengembangan Usaha Mandiri Pemula

Surabaya, 6 Nopember 2017. Dengan  memanfaatkan sarana teknologi informasi dan layanan promosi keliling sebagai salah satu solusi permasalahan yang ada, Disnakertrans Prov. Jatim meluncurkan ide layanan pembinaan  ”NakerMandiri” (Tenaga Kerja Mandiri). Kadisnakertrans Prov. Jatim-Setiajit, SH, MM menyampaikan, layanan ini diharapkan membantu mempercepat informasi dan menyumbang penurunan pengangguran terbuka dan pekerja setengah penganggur untuk melakukan kegiatan usaha mandiri disektor informal secara produktif. Dari layanan khusus untuk pembinaan sektor informal, diharapkan mampu mengoptimalkan fungsi pembinaan secara efesien, mengurangi problem pemasaran binaan dan mendorong penggunaan sarana teknologi informasi guna mengakses layanan promosi dan konsultasi secara online serta belajar usaha secara mandiri (self employment learning). Pada prinsipnya layanan publik menjadi kewajiban pemerintah. Namun seringkali dalam prakteknya, pemerintah dihadapkan atas, problem keterbatasan anggaran, alokasi peserta dan asal peserta, pengelolaan waktu dan promosi. Melalui layanan ini beberapa kendala tersebut dapat diatas, katanya kemudian.

Layanan yang diberikan dalam program Nakermandiri ini meliputi :

  1. layanan-layanam baru berupa menu promosi produk binaan melalui lapak online, bimbingan konsultasi secara offline dan online serta membuat menu layanan belajar usaha secara mandiri (self employment learning), berupa layanan tutorial secara virtual yang menyediakan materi-materi pelatihan bagi usaha pemula. 
  2. Layanan spesifik informasi/ promosi melalui Sarana Informasi Mobil Display Bisnis (SiModis) sebagai tempat informasi/konsultasi, praktek belajar usaha, display produk binaan dan tempat bersama berjualan produk-produk alumni binaan WUB. 

Potensi jumlah binaan yang sudah tergabung dalam group Media Sosial (Whatsapp, Facebook dan Twitter) sebanyak 50 orang dan yang sudah terdaftar promo di lapak online sebanyak 20 orang binaan disamping adanya jumlah petugas pembina lapangan dan program serupa yang dilaksanakan di 38 kab/kota .

Untuk memudahkan penyebutan, maka layanan baru Disnakertrans Prov. Jatim ini dinamai SiModis yakni singkatan Sarana Informasi Mobil Display Bisnis.\

Melalui sarana layanan baru ini diharapkan mampu mengurangi masalah dan berkontribusi memberi manfaat sebagai berikut :

  1. Kemudahan mendapat informasi mengikuti program wirausaha atau membuka usaha bagi pemula, promosi usaha, konsultasi dan meningkatkan kemampuan usaha melalui belajar dan promosi usaha secara mandiri dan online.
  2. Dampingan dan konsultasi yang tepat juga sarana pembinaan bagi usaha pemula secara terpadu.
  3. Membantu tugas Dinas di kabupaten dan kota  dan dapat direplikasi serta dikembangkan menjadi unit virtual belajar usaha secara mandiri sesuai trend kekinian (generasi angkatan kerja milenial).

(bdr/11/2017)

link
👤 Oleh plkt 🕔05 Nov 2017 20:23

Lokasi kantor Kami

Link Mitra Kerja

Statistik Pengunjung