Dirjen Imigrasi Kunjungi PTSP-P2TKI Jatim; CTKI Tidak Terperangkap Trafficking Lagi.

Surabaya, 01 Nopember 2017. Pelayanan Terpadu Satu Pintu Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (PTSP-P2TKI) Jatim di Jalan Bendul Merisi No 2 Surabaya, mendapat kehormatan dikunjungi oleh Dirjen Imigrasi Kemenhum&Ham,Ronny F Sompie. Dalam Rangkaian kunjungan di Jawa Timur, Dirjen yang berasal dari kepolisian ini didampingi Kadisnakertrans  Prov Jatim melihat langsung pelayanan paspor yang dilakukan unit Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya.

Disela-sela kunjungannya, Dirjen Imigrasi menegaskan keberadaan Kantor Imigrasi di PTSP-P2TKI ini merupakan upaya bersama Pemerintah Prov Jatim bersama instansi lainnya untuk memberikan layanan terbaik bagi TKI kita. Dengan terpadunya layanan ini, upaya pencegahan TKI non prosedural lebih terjamin, bagaimana satu dengan instansi lainnya saling mendukung dan memberikan kemudahan. Bagi Imigrasi keberadaan PTSP penting untuk memastikan data yang benar, terjamin dan ada kepastian mendapat pekerjaan sesuai visa kerja yang ada. Bersatuanya instansi dalam Satu Pintu ini, katanya, berrati Nawa Citanya pemerintah hadir bukan hanya saat bekerja namun dimulai saat proses penempatan di Indonesia. Untuk itu, berharap bila ada dupikasi PTSP-PTSP ditempat lain, Imigrasi juga merasa terbantu. Setidaknya ada 125 Kantor Imigrasi se Indonesia dengan tingkatan variasi level kualifikasinya. Tentunya Bapak Gubernur dan Bupati/ Walikota didorong untuk menduplikasi PTSP ini hingga masyarakat dan Calon TKI tidak terperangkap dalam kegiatan perdagangan orang (trafficking). Untuk itu, perlu didorong dan dipromosikan keberadaan layanan PTSP-P2TKI ini ke masyarakat luas, PPTKIS dan calon TKI mandiri.

Sedangkan Kadisnakertrans Prov. Jatim, mewakili Gubernur Jatim menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas pastitipasi imigrasi yang telah bergabung di PTSP-P2TKI. Semoga dengan berbagungnya Imigrasi layanan kepada Calon TKI khususnya asal Jawa Timur menjadi lebih mudah, aman dan terlindungi. Selain itu, bersama Disnakertrans, BNP2TKI, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Adak dan Kependudukan, Dinas Kesehatan, Polda dan BPJS serta didukung Bank Jatim dan Aspataki, diharapkan pemerintah hadir memberikan layanan yang mudah, cepat dan pasti.

Data PTSP-P2TKI Jatim semenjak ujicoba tanggal 13 - 31 Oktober 2017, telah memberi layanan Surat Pengantar Rekrut (SPR) sebanyak 133 berkas, Pengesahan Perjanjian Penempatan sebanyak 7 berkas, Informasi Kerja keluar negeri sebanyak 5 orang, pengurusan e-KTKLN sebanyak 1.108 orang, Pembekalan Akhir Pemberangkatan (PAP) sebanyak 1.108 orang, Verifikasi Data Kependudukan sebanyak 50 berkas, Pencetakan dokumen Paspor sebanyak 90 berkas dan Pencetakan kartu BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 903 orang serta 1 berkas pengaduan TKI. (bdr/11/2017)

link
👤 Oleh plkt 🕔01 Nov 2017 20:14

Lokasi kantor Kami

Link Mitra Kerja

Statistik Pengunjung