Kepala BNP2TKI ; Kebutuhan TKI Tenaga Medis dan Perawat Banyak

Kepala BNP2TKI ; Kebutuhan TKI Tenaga Medis dan Perawat Banyak

Surabaya, 3 Oktober 2017. Kepala BNP2TKi- Nusron Wahid menyampaikan bahwa kebutuhan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk Tenaga Medis dan Perawat sangat banyak. Namun demikian persediaan dan pemenuhannya masih sedikit antara lain disebabkan syarat bahasa yang masih sulit dipenuhi TKI. Hal tersebut disampaikan didepan Sosialisasi Lowongan Kerja bagi TKI Tenaga Medis dan Perawat di Gedung Makati Disnakertrans Prov. Jatim. Dihadapan 100 orang peserta dari Akademi Perawat (Akper) dan Sarjana Ilmu Keperawatan beserta perwakilan Dinas Kesehatan Prov. Jatim dan kepala UPT Pelatihan Kerja (BLK) se Jawa Timur.

Sebagai misal, sekarang ada kerjasama dengan Australia yang tergabung dengan Indonesia-Australia corporate pathership, dimana Australia akan mengekspor daging  dengan bebas biaya dan tenaga ahli serta membuka kampus di Indonesia. Sedangkan TKI di Australia yang laku dibidang tenaga kesehatan dan hospitality. Syaratnya setidaknya lulus uji standar bahasa inggris (IELTS) dengan grade 5.5  untuk tenaga caregiver dengan gaji rata-rata 40-50 ribu US Dolar Australia pertahun. Namun jika mampu lulus di grade 7, maka akan dipekerjakan sebagai perawat dengan rata-rata gaji 80-90 ribu US Dolar Asutralia pertahun. Tawaran kerja sektor perawat tersebut juga membuat menarik terlebih sementara menggunakan visa Working Holiday 2 kali perpanjangan serta visa training kerjasama dengan Poltek di Australia. Artinya, sambil bekerja juga bisa meneruskan kuliah di poltek tersebut, katanya kemudian.

Untuk itu, dalam program jangka pendek, BNP2TKI sedang berupaya meningkatkan grade tenaga terampil Indonesia terutama tenaga perawat, hospitality dan welder (las). Jika memungkinkan akan diatur melalui pola kerjasama antar pemerintah (G to G) atau pemerintah dengan swasta (g to P) beserta subsidi pelatihan untuk bahasa.

Kadisnakertrans Prov. Jatim dalam pengantar kegiatan sosialisasi ini menyampaikan bahwa Bapak Gubernur Jatim telah menyiapkan APBD untuk peningkatan kompetensi tenaga kerja termasuk tenaga welder bekerjasama antara BLK dan BNP2TKI. Kepala Disnakertrans Prov. Jatim-Setiajit menyampaikan kami memiliki 16 BLK miliki provinsi dan ada 3 diantaranya BLK besar yang mampu menyediakan tenaga terampil bersertifikat kompetensi. Untuk itu, peluang yang ditawarkan BPN2TKI ini akan ditindaklanjuti serta disebarluaskan ke sekolah-sekolah dan masyarakat luas. (bdr/10/2017)

 

 

link
👤 Oleh plkt 🕔03 Oct 2017 16:42

Lokasi kantor Kami

Link Mitra Kerja

Statistik Pengunjung