Tim Disnakertrans Jatim Adakan Sidak Penyelenggara JobFair Berbayar di Surabaya

Surabaya, 11 Januari 2017.  Tim Disnakertrans Prov. Jatim bersama pengawas ketenagakerjaan adakan sidak (inspeksi mendadak) atas penyelenggaraan Job Fair swasta ( Job Fair Career Indonesia) yang berlokasi di Gedung JX International Expo Surabaya. Hadir dalam sidak tersebut petugas Disnaker Kota Surabaya yang bertugas mengecek data perijinan penyelenggaraan kegiatan,  sesuai  tidak dengan Permenaker No. 07 tahun  2008 yang sudah diubah dan direvisi dalam Permenaker No. 39 tahun 2016 tentang penempatan tenaga kerja.

Sidak tersebut dilaksanakan karena ditenggarai banyak pelaksanaan job fair yang dilakukan pihak event organizer (EO)  selama ini  memungut biaya kepada pencari kerja, atau  dikemas dalam  penyelenggaraan seminar yang dilanjutkan dengan melamar pekerjaan. Namun kenyataannya dilapangan untuk masuk dan mengikuti kegiatan tersebut pencari kerja diwajibkan membayar.

Emiari, ST, MM kepala seksi pengembangan pasar kerja sebagai ketua tim sidak menyampaikan bahwa penyelenggaraan  job fair yang diselenggarakan CV. Job Carrer for Indonesia yang dipimpin oleh Ricky Januar Jaja Suputra telah melanggar Konvensi ILO No. 88, Surat Edaran Menaker No 11tahun 2015  dan Permenaker No. 39 tahun 2016 pasal 54 ayat 3 yang berisi :

  1. Penyelenggaran job fair wajib memperoleh persetujuan dari Dinas yang membidangi ketenagakerjaan di kab/kota. Pengajuan permohonan dengan melampirkan  SIUP, rencana jumlah perusahaan, perkiraan lowongan dan penempatan yang ditargetkan, dan  surat penyataan.
  2. Dilarang melakukan pungutan biaya dalam  bentuk apapun kepada pencari kerja

Berdasar kenyataan tersebut, maka tim Disnakertrans Prov. Jatim memberi teguran dan pembinaan berupa penghentian pungutan biaya masuk bagi pencari kerja dan  membuat surat penyataan oleh penyelenggaran untuk tidak mengulang lagi serta taat  pada aturan  yang berlaku.

Untuk itu, dihimbau kepada pencari kerja dan masyarakat lebih kritis dan cerdas terhadap iklan lowongan kerja atau  event  job fair. Selain itu dihimbau juga agar menggunakan layanan bursa kerja resmi yang diselenggarakan oleh Disnaker setempat atau melalui media online www.infokerja-jatim.com milik Disnakertrans Prov. Jatim. (bdr/jan/2017)

 

link
👤 Oleh budi 🕔11 Jan 2017 11:01

Lokasi kantor Kami

Link Mitra Kerja

Statistik Pengunjung