Program Magang dan Siddhakarya untuk Tekan Jumlah Pengangguran dan Mendorong Produktivitas UKM

Surabaya 15/12/2016 – Dalam rangka untuk penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Jawa Timur  sebesar 4,21 persen atau 839.280 orang, maka  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim berusaha menekan  jumlah tersebut antara lain  dengan menggandeng perusahaan untuk proses peningkatan skill pengalaman dengan program pemagangan. Dalam acara tersebut ditutup sebanyak 950 orang peserta pelatihan pemagangan tahun 2016 yang berasal dari 42 perusahaan di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Mojokerto, Jombang, Malang, Batu, Kediri, Blitar dan Lamongan . Dalam waktu bersamaan juga diacarakan  penyerahan  penghargaan  Siddhakarya yang bertempat di Wisma SIER Rungkut Surabaya, secara resmi dihadiri Wakil Guburnur Jatim dan Dirjen Binalattas Kementrian Ketenagakerjaan RI Ir. Chaerul Anwar.

Dalam sambutan penutupan, Wagub Jatim atau Gus Ipul menyampaikan bahwa kita akan memperluas pelaksanaan pemagangan di Jawa Timur. Selain jumlahnya yang ditingkatkan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan juga dilakukan, sehingga peserta magang ini nanti setelah selesai bisa langsung diterima dan sesuai kebutuhan pasar tenaga kerja," tambahnya. "Dengan melibatkan perusahaan dalam proses pemagangan, maka mereka juga dapat merumuskan programnya," terangnya sambil menambahkan, pada dasarnya pemagangan adalah perpaduan pelatihan di lembaga pelatihan dengan perusahaan secara langsung.

Wagub yang akrab disapa Gus Ipul juga menambahkan, di era masyarakat ekonomi Asean (MEA), tenaga kerja tidak lagi bersaing dengan tenaga kerja dalam negeri, tetapi dengan tenaga kerja asing. "Jadi jangan sampai menjadi penonton di negera sendiri, karena kita tidak mampu bersaing," ujarnya.Selain persaingan di tenaga kerja, kata Gus Ipul, pelaku usaha juga terpaksa terlibat dalam persaingan ketat untuk merebut peluang, mempertahankan eksistensi dengan pelaku usaha dengan perusahaan dan negara lain.

Sementara, Kepala Disnakertransduk Sukardo, menyampaikan, pelaksanaan pemagangan bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja sesuai kebutuhan perusahaan tempat magang, dan mengisi lowongan pekerjaan di tempat pemagangan. Sedangkan acara pemberian penghargaan Siddhakarya yang dilakukan bersamaan dengan acara ini ditujukan  mendorong perusahaan meningkatkan kesadaran akan pentingnya produktivitas terhadap usaha kecil dan menengah (UKM)

 (roi/ugik)/detik.com/siagaindonesia.com

link
👤 Oleh budi 🕔16 Dec 2016 16:27

Lokasi kantor Kami

Facebook

Link Mitra Kerja

Statistik Pengunjung