Baru : Inovasi Pelayanan Publik Mobil Keliling Infokerja Jatim

MOBIL KELILING INFORMASI PASAR KERJA, INOVASI SARANA PROMOSI DAN EDUKASI KE MASYARAKAT

Beberapa sebab terjadinya pengangguran terutama disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut angkatan kerja yang terus meningkat jumlahnya dan pertumbuhan kesempatan kerja tidak seimbang dengan pertumbuhan angkatan kerja,masalah kualifikasi yang tidak cocok oleh dunia kerja dan minimnya media/penyalur yang mempertemukan angkatan kerja dengan kesempatan kerja.

Dilihat dari sebab-sebab terjadinya pengangguran berdasar data Barenbang Kemnaker RI, dapat dibedakan ada enam jenis pengangguran, yaitu:

  1. Pengangguran friksional, yakni pengangguran yang terjadi karena kesulitan tempor, berupa  Informasi pasar kerja kurang sempurna  atau biaya untuk memperoleh informasi mahal
  2. Pengangguran struktural, terjadi karena perubahan dalam struktur perekonomian. Keahlian pencaker berbeda dgn permintaan di pasar kerja. Berupa lokasi lowongan berjauhan dengan pencaker dan sebab biaya peralihan ketrampilan/keahlian & lokasi kerja cukup  besar
  3. Pengangguran musiman, terjadi karena penggantian musim.
  4. Pengangguran voluntary atau voluntary unemployment, yakni pengangguran karena adanya orang yang sebenarnya masih dapat bekerja, tetapi dengan sukarela tidak bekerja.
  5. Pengangguran deflasioner atau deflasioner unemployment, yakni pengangguran yang diakibatkan karena pencari kerja yang ingin memperoleh pekerjaan lebih banyak dari lowongan pekerjaan yang ada.
  6. Pengangguran teknologi, yakni pengangguran yang disebabkan kemajuan teknologi.
  7. Pengangguran Fleksibilitas Pasar , sebab faktor persediaan dan permintaan tenaga kerja (Supply>Demamd) dan Tingkat upah yang berlaku

Untuk mengatasi pengangguran friksional, struktural dan fleksibiltas pasar kerja serta sebagai implementasi perintah Gubernur Jawa Timur untuk mendorong penyebaran informasi pasar kerja ke pencari kerja dan pengguna tenaga kerja di Jawa Timur, maka Disnakertransduk Prov. Jatim menyediakan sarana mobil informasi kerja keliling yang ditelah diresmikan oleh Bapak Gubernur Jatim dalam acara Job Market Fair Jatim 2016 di JX Intersional Surabaya tanggal 24 Mei 2016. Sarana tersebut menjadi satu kesatuan kegiatan bersama sarana lainnya yang sudah ada guna mendorong penyebarann informasi pasar kerja agar kebutuhan tenaga kerja dan persediaan tenaga kerja dapat bertemu dan mampu mengurangi satu kendala dalam pengurangan pengangguran adalah misslink atau informasi lowongan kerja yang tidak sampai. Sasaran pelayanan utama mobil informasi kerja keliling adalah pencari kerja, siswa sekolah dan masyarakat serta aktivitas job fair kab/kota, tempat pelayanan publik, mall, sekolah dan kantor pemerintah daerah (kelurahan/desa)

Penyebaran informasi kerja melalui Mobil Keliling menjadi pelengkap inovasi baru layanan publik ’ AyoKerja’ Disnakertransduk Prov. Jatim yang sudah mendapat penghargaan Top 25 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2015 dari Kemenpan&RB. Inovasi layanan ini juga merupakan salah satu upaya mendorong pencapaian partisipasi angkatan kerja dan perluasan kesempatan kerja khususnya angkatan kerja usia muda sesuai sasaran RPJMD Provinsi Jawa Timur Tahun 2014-2019.

Dasar pertimbangan inovasi pelayanan informasi kerja melalui mobil keliling adalah UU. 13 tahun 2013, UU. 39 taun 2013, Konvensi ILO No. 88 mengenai Lembaga Pelayanan Penempatan Tenaga kerja, Keppres No 36 tahun 2002, Permenaker 07 tahun 2008, SK Menpan&RB No 100 tahun 2015 tentang penetapan Top 25 inovasi pelayanan publik Ayo Kerja. Selain itu, dasar pertimbangan lainnya adalah Surat Edaran Gubernur Jatim No. 560/3386/031/2014 tentang kegiatan pasar kerja serta Surat Edaran Gubernur Jatim No. 560/1668/106.03/2015 tentang Bursa Kerja Pemerintah. Secara lengkap maksud pengadaan mobil informasi kerja keliling layanan AyoKerja Disnakertransduk Prov. Jatm adalah :

  1. Salah satu upaya percepatan dan peningkatan pelayanan publik yang mudah, aktual dan aman
  2. Sosialisasi icon unggulan inovasi layanan publik Jatim “ Ayo Kerja “
  3. Menjangkau daerah/ lokasi yang tidak dapat diakses oleh layanan rutin Dinas atau akses intenet (saran Menpan & RB untuk penyebaran pelayanan public yang lebih luas khususnya daerah pengiriman TKI).
  4. Edukasi masyarakat untuk menggunakan sarana Bursa Kerja Pemerintah, mengurangi penipuan dan mengiriman TKI non procedural

Beberapa bentuk aktivitas kegiatan mobil informasi kerja keliling layanan AyoKerja Disnakertransduk Prov. Jatim antara lain :

  1. Penyebaran informasi pasar kerja bagi pencari kerja, siswa dan masyarakat luas
  2. Penyuluhan dan bimbingan kerja untuk pencari kerja dan siswa sekolah
  3. Penyebaran informasi pasar kerja di dalam negeri, melalui antar kerja lokal dan antar kerja antar provinsi serta informasi pasar kerja ke luar negeri
  4. Pengenalan akses informasi pasar kerja melalui sarana online dan Bursa Kerja Pemerintah
  5. Konsultasi kerja
  6. Pemutaran film/video dan penyebaran brosur pengenalan dunia kerja
  7. Pelayanan display info lowongan kerja terbaru, aktual, layanan pemasangan informasi kerja dan  penempatan kerja secara langsung
  8. Mini Job Fair di mall dan kantor pelayanan public
  9. Dampingan pelaksanaan bursa kerja (job fair) di Kab/Kota

Sebagai sarana promosi  dan edukasi Informasi Pasar Kerja, keberadaan Mobil Informasi Kerja Keliling ini juga melayani aktivitas Konsultasi Online dan Bursa Kerja Online. Dengan didukung Fasilitas Internet, Wifi, SMS,TV/Film Education dan petugas Konsultasi diharapkan tujuan penyebaran dan pemahaman kondisi pasar kerja serta menunjukan bentuk kehadiran layanan wajib pemerintah yang handal dan berkualitas dapat tercapai.

 

👤 Oleh 🕔03 Jun 2016 20:36

Lokasi kantor Kami

Link Mitra Kerja

Statistik Pengunjung