12 Sektor dan 8 Profesi Yang Disetujui di Pasar MEA

Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan (Barenbang), Kementerian Ketenagakerjaan RI, Sugiarto Sumas menjelaskan, MEA adalah kesepakatan 10 negara ASEAN di bidang ekonomi dalam rangka mengintegrasikan pasar regional untuk memperkuat ekonomi kawasan. Diharapkan dengan adanya kesepakatan MEA ini dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di kawasan ini.

Sumas menuturkan, ada 12 sektor dan 8 profesi yang disepakati dalam kesepakatan MEA ini. 12 sektor ini adalah: Kesehatan; Pariwisata; Jasa Logistik; Jasa Online; Jasa Angkutan Udara; Produk berbasis Agro; Barang barang elektronik; Perikanan; Produk berbasis karet; Tekstil dan Pakaian; Automotif; dan Produk berbasis kayu.  Sementara 8 profesi yang disepakati berlaku di MEA antara lain: Insinyur; Perawat; Arsitek; Surveyor;  Dokter; Dokter Gigi; Akuntan; dan Layanan Pariwisata.

Dengan demikian, maka arus barang dan jasa untuk 12 sektor dan 8 profesi ini akan terjadi dan berlaku di sekitar kita. Jadi jangan heran, kalau satu saat kita bertemu dengan dokter gigi dari Thailand; Arsitek dari Malaysia; Insinyur dari Singapore; Perawat dari Vietnam.

“Jadi, kesepakatan MEA ini menuntut kepada kita semua untuk mempersiapkan diri dengan baik dalam hal kompetensi dan profesionalisme yang didukung oleh sertifikat kompetensi,” kata dia.

Karena dengan itulah, kita, para profesional muda Indonesia akan bisa bekerja di perusahaan perusahaan besar yang ada di negara negara ASEAN, ini menunjukkan peluang kita lebih besar dari sebelumnya apabila kita menyiapkan SDM yang kompetetif.

👤 Oleh 🕔15 Jan 2016 14:37

Lokasi kantor Kami

Facebook

Link Mitra Kerja

Statistik Pengunjung